Lewat Kolaborasi Internasional, Indonesia Dukung Peningkatan Keterampilan Tenaga Kerja ASEAN

| Rabu, 12/06/2024 21:54 WIB
Lewat Kolaborasi Internasional, Indonesia Dukung Peningkatan Keterampilan Tenaga Kerja ASEAN Networking Sharing Session for ASEAN High-Tea di Jenewa, Swiss (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia yang diwakili Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menghadiri Networking Sharing Session for ASEAN High-Tea yang diselenggarakan oleh Kementerian Sumber Daya Manusia Malaysia, Jenewa, Selasa, 11 Juni 2024 waktu setempat.

Dalam kesempatan itu, Kemnaker diwakili akil Menteri (Wamen) Ketenagakerjaan Indonesia, Afriansyah Noor. Dimana, dalam kesempatan ini ia menekankan pentingnya kolaborasi internasional untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja di kawasan ASEAN.

"Di tengah tekanan global, investasi dalam sumber daya manusia (SDM) menjadi sangat penting," ujar  Afriansyah dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 12 Juni 2024.

Selain itu, ia juga menekankan bahwa pemerintah harus memprioritaskan pengembangan keterampilan pekerja, terutama bagi kelompok rentan seperti pemuda, perempuan, penyandang disabilitas, pekerja berpenghasilan rendah, dan mereka yang bekerja di usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
 
"Dengan fokus pada peningkatan keterampilan, kita dapat menciptakan tenaga kerja yang tangguh dan siap menghadapi tantangan masa depan," imbuhnya.

Sebagai informasi, acara Networking Sharing Session for ASEAN High-Tea menjadi forum bagi negara-negara ASEAN untuk bertukar wawasan mengenai inisiatif-inisiatif penting seperti Training Skills Fund dan ASEAN Year of Skills 2025.

Tags : Kemnaker , Tenaga Kerja , ASEAN