Kunker ke Serang, Gus Halim Ingin Realisasikan Bank Desa di Setiap Desa

| Rabu, 12/06/2024 20:57 WIB
Kunker ke Serang, Gus Halim Ingin Realisasikan Bank Desa di Setiap Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Serang, Banten, Selasa, 11 Juni 2024. Kunjungan ini terima langsung oleh Bupati Serang, Ratu Tatu Hasanah, Ketua DPRD Serang, Bahrul Ulum hingga pejabat lainnya.

Kunjungan ini sekaligus menyerahkan audit Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Bersama Lembaga Keuangan Desa (LKD) ke Kabupaten Serang.

Dalam kesempatan itu, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim menginginkan terbentuknya bank desa di setiap desa.

"Harapan kami di Kemendes adalah lahirnya bank desa yang merupakan sebuah usaha perbankan yang dilahirkan atas kerjasama antar BUMDesa Bersama LKD. Jadi, BUMDesa yang khusus menangani lembaga keuangan desa," kata Gus Halim.

Dalam pembentukannya tersebut, menurut Gus Halim, bisa saja nantinya BUMDesa bersama LKD yang telah di audit berkolaborasi bersama-sama membentuk bank desa dengan pendampingan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Saya yakin ini akan sangat luar biasa bagi kepentingan kesejahteraan masyarakat desa," kata Gus Halim.

Sebagai informasi, dalam kegiatan penyerahan hasil audit BUMDesa Bersama Lembaga Keuangan Desa (LKD) di Kabupaten Serang terdapat 4 BUMDesa Bersama LKD mendapatkan opini WTP dan 1 BUMDesa Bersama LKD mendapatkan Opini WDP dari kantor akuntan publik.

Tags : Kemendes PDTT , Gus Halim , Bank Desa