Setjen DPR: Upacara HUT Kemerdekaan di IKN Tidak Pengaruhi Sidang Tahunan DPR/MPR

| Selasa, 11/06/2024 21:10 WIB
Setjen DPR: Upacara HUT Kemerdekaan di IKN Tidak Pengaruhi Sidang Tahunan DPR/MPR Ruang Sidang Paripurna DPR RI (foto: dpr)

RADARBANGSA.COM - Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menyebut bahwa adanya skenario pemerintah untuk menyelenggarakan upacara di Ibukota Negara baru (IKN) tidak mempengaruhi penyelenggaraan Sidang Bersama 16 Agustus di lingkungan parlemen pada Agustus 2024 mendatang.

Seperti diketahui, Pemerintah bakal menyelenggarakan upacara HUT RI ke-79 di IKN dan Istana Merdeka Jakarta pada 17 Agustus 2024 mendatang.

“Tidak (ada pengaruh). Jadi gambaran besarnya adalah bahwa kalau nanti dimungkinkan untuk acara (upacara) 17-an (di IKN), itu juga sangat terbatas gitu ya," kata Indra Iskandar di Senayan, Selasa, 11 Juni 2024. 

"Jadi buat kami sebenarnya persiapan (sidang) ini tidak terlalu memberatkan," sambungnya.

Menurut Indra, dalam menyambut 16 Agustus 2024, Sekretariat Jenderal DPR RI sebagai tuan rumah bersama Sekretariat Jenderal MPR RI dan Sekretariat Jenderal DPD RI melakukan rapat koordinasi.

“Rapat hari ini kita sudah meminta arahan juga dari pimpinan DPR ya Seperti apa. (Kegiatan) tanggal 16 Agustus itu kan nanti ada sidang  tahunan, sidang bersama, kemudian nota APBN Pemerintah bapak presiden ya," imbuh Indra.

Indara mengungkapkan bahwa tahun ini merupakan  tahun terakhir periode politik jabatan DPR masa periode 2019-2024. Maka dari itu, dirinya diamanahkan agar kegiatan yang dihadiri oleh Presiden RI,  pimpinan lembaga tinggi negara, duta besar maupun mantan presiden RI tersebut dapat dilaksanakan sebaik-baiknya.

“Tentu kami sudah mempersiapkan desain nanti alur dan ornamen-ornamen yang khas Nusantara," tukasnya.

Tags : HUT RI ke 79 , IKN

Berita Terkait