DPR RI Lakukan Pengawasan Pelaksanaan Haji 2024

| Senin, 10/06/2024 21:20 WIB
DPR RI Lakukan Pengawasan Pelaksanaan Haji 2024 Jemaah Haji Indonesia. (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - DPR RI melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Haji 2024.Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Abdul Wachid sebelum keberangkatan Tim Pengawas Ibadah Haji DPR RI ke Arab Saudi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin, 10 Juni 2024.

"Tahun ini kami membawa beberapa teman Anggota DPR RI dari Komisi VIII dan juga komisi-komisi lain yang terkait," ujar Abdul Wachid.

Menurut Abdul Wahcid, pengawasan pelaksanaan ibadah haji oleh Kementerian Agama adalah tugas utama Komisi VIII DPR RI. Sementara itu, Komisi V bertanggung jawab atas transportasi, termasuk pemberangkatan jemaah dengan Garuda Indonesia dan layanan transportasi lainnya di Saudi Arabia.

"Komisi VI menangani pengadaan barang, termasuk makanan. Kami berharap pengawasan yang ketat akan memastikan 100 persen produk Indonesia digunakan," tuturnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa masalah kesehatan jemaah haji juga menjadi perhatian utama, terutama untuk jemaah haji lansia. Untuk itu, ia berharap Komisi IX fokus pada pengawasan kesehatan, pengadaan obat, dan pelayanan kesehatan bagi jemaah.

"Kami butuh pengawasan yang benar-benar fokus, terutama untuk kesehatan karena haji adalah ibadah fisik. Kami berharap Komisi IX memberikan perhatian khusus dalam hal ini," ungkapnya.

Tags : Haji 2024 , DPR RI , Komisi VIII