Gus Halim Ajak Alumni Universitas Brawijaya Bangun Indonesia dari Desa

| Senin, 10/06/2024 19:37 WIB
Gus Halim Ajak Alumni Universitas Brawijaya Bangun Indonesia dari Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengajak para alumni Universitas Brawijaya untuk membangun Indonesia dari desa.

"Saya mengajak alumni Universitas Brawijaya untuk bersama-sama membangun Indonesia dari desa," kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat menghadiri wisuda di Universitas Brawijaya, Malang, Minggu, 9 Juni 2024.

Gus Halim-sapaan akrabnya mengungkapkan bahwa desa memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional, baik dari segi ekonomi, kesehatan, maupun pendidikan. Menurutnya, desa merupakan pilar utama yang menopang kemajuan bangsa.

"Kalau ekonomi desa maju maka Indonesia akan maju. Desa bebas stunting maka Indonesia juga bebas stunting," kata Gus Halim.

"Jika desa bebas dari kemiskinan maka Indonesia lepas dari kemiskinan. Jika tidak ada warga desa yang bodoh maka Indonesia terbebas dari kebodohan," sambungnya.

Gus Halim juga menjelaskan, Dana Desa saja jumlahnya mencapai Rp70 triliun, ditambah Pendapatan Asli Desa, Alokasi Dana Desa, dan berbagai program yang masuk desa. Hingga setiap desa di Indonesia mengelola dana sekitar Rp3 miliar setiap tahunnya.

"Kalau bukan Anda semua yang membangun dengan dana sebesar itu, siapa lagi? Kalau tidak sekarang, kapan lagi?" katanya.

Tags : Gus Halim , Kemendes PDTT