Pilkada 2024, PKB Terima Pendaftaran Tiga Ribu Lebih Bacakada

| Kamis, 06/06/2024 19:10 WIB
Pilkada 2024, PKB Terima Pendaftaran Tiga Ribu Lebih Bacakada Abdul Muhaimin Iskandar (Ketua Umum DPP PKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pilkada Serentak tahun 2024 ini, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menerima pendaftaran lebih dari tiga ribu lebih bakal calon kepala daerah (Bacakada) yang akan bertarung di pilkada tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Saat ini, yang diputuskan sebagai bakal calon yang diusung oleh PKB baru 38 daerah saja di seluruh Indonesia.

Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa Pilkada Serentak yang akan dilakukan pada November 2024 mendatang, adalah momentum penting untuk menyatukan dan menyeragamkan periodesasi kepala daerah seiring pemilihan presiden/wakil presiden.

"Waktu yang cukup singkat itu DPP PKB harus bersungguh-sungguh untuk menyiapkan bakal calonnya bertarung di Pilkada," kata Pria yang akrab disapa Gus Imin saat berikan arahan pada pembekalan Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) zona Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Kamis, 6 Juni 2024 di Semarang.

Gus Imin mengatakan, PKB cukup diuntungkan karena miliki stok calon pemimpin di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia. Menurutnya, DPP PKB bersungguh-sungguh menyiapkan Bacakada melalui rangkaian seleksi agar terpilih yang berkualitas dan mempunyai visi misi.

Proses seleksi ini, kata Gus Imin, bagian ikhtiar PKB untuk mencari Calon Kepala Daerah yang bisa hadirkan kemakmuran dan kesejahteraan. 

“Kita juga tidak menutup untuk yang mendaftar dari luar kader PKB. Karena nanti yang akan menjadi penilaian dan pertimbangan adalah kualitasnya, kompetensinya, kapasitasnya dan daya pilihnya. Jadi, siapapun yang mendaftar di PKB akan kita proses mekanisme melalui pengujian,” kata Gus Imin.

Lebih lanjut Wakil Ketua DPR RI itu menjelaskan, pihaknya juga tetap mengedepankan uji kelayakan dan kepatutan dalam memilih yang terbaik.

Oleh karena itu, kepada para bakal calon yang mendaftar di PKB harus benar-benar menyerap warisan ajaran dan nilai serta doktrin untuk kemaslahatan umum yang Rahmatan Lil Alamin.

"Yang penting juga adalah menangkan Pilkada 2024 dan diharapkan kemenangan itu jadi solusi bagi pembangunan bangsa dan negara," tukasnya.

Tags : Gus Imin , Pilkada Serentak , PKB , Kepala Daerah