169.958 Orang Calon Haji Reguler Indonesia Sudah Tiba di Makkah

| Selasa, 04/06/2024 18:53 WIB
169.958 Orang Calon Haji Reguler Indonesia Sudah Tiba di Makkah Jemaah Haji Indonesia. (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) RI menyebutkan sebanyak 169.958 calon haji reguler Indonesia atau 80 persen dari jumlah keseluruhan sebanyak 213.320 orang telah tiba di Makkah, Arab Saudi, guna melaksanakan puncak ibadah haji.

"Sudah 80 persen dari total calon haji reguler sebanyak 213.320 orang sudah tiba di Kota Makkah Al-Mukarramah, layanan jamaah pun mulai terkonsentrasi di Makkah," kata Petugas Media Center Haji (MCH) Kementerian Agama (Kemenag) RI Widi Dwinanda dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji, Selasa, 4 Juni 2024. 

Lebih lanjut Widi mengatakan, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) terus mengintensifkan persiapan menjelang puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). 

Untuk itu, jamaah diharapkan mempersiapkan diri untuk menyambut puncak ibadah haji, dengan menjaga fisik agar tidak sakit, serta berbagai kelengkapan jamaah lainnya seperti gelang, smart card, dan dokumen penting lainnya sebagai syarat untuk masuk ke lokasi Armuzna.

Widi juga melaporkan sebanyak 39 calon haji Indonesia dinyatakan wafat dengan rincian wafat di embarkasi 3 orang, Madinah 15 orang, Makkah 19 orang, dan di bandara 2 orang.

"Seluruh calon haji yang wafat akan dibadalhajikan," ucapnya.

Tags : Kemenag RI , Haji Reguler , Indonesia , Makkah