Kemenparekraf RI Minta Seluruh Pemda Wujudkan Pariwisata Berkelanjutan

| Sabtu, 19/10/2024 08:15 WIB
Kemenparekraf RI Minta Seluruh Pemda Wujudkan Pariwisata Berkelanjutan Gedung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Foto: Kemenparekraf RI)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI meminta seluruh pemerintah daerah (Pemda) mewujudkan program ekonomi biru, hijau dan sirkular atau Blue Green and Cilcular Economy (BGCE). Hal itu agar terciptanya pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan di Indonesia.

"Kami mendorong pemerintah daerah juga ikut menerapkan prinsip (Blue Green and Circular Economy) ketika ingin pariwisata berkelanjutan," kata Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Rizki Handayani dilansir dari antaranews, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Ia mengungkapkan pentingnya menata kelola pariwisata berbasis BGCE oleh pemerintah daerah untuk menciptakan destinasi wisata yang berkualitas demi keberlanjutan ekonomi. "Program BGCE ini bukan program jangka pendek melainkan jangka panjang. Oleh karenanya ini akan dilanjutkan oleh pemerintah baru," tukasnya. 

Untuk menunjang pariwisata berkualitas itu, pemerintah memiliki komitmen yang kuat dalam mengeksplorasi praktik terbaik dalam melakukan dekarbonisasi dan aksi iklim di sektor pariwisata, serta tanggung jawab yang kuat terhadap keberlanjutan dan ketahanan iklim.

"Program ini nantinya dilanjutkan oleh pemerintah baru. Maka sekarang kami sudah mengajak seluruh asosiasi industri pariwisata sebagai mengawal dari kebijakan program BGCE," tuturnya. 

Tags : Kemenparekraf RI , Pemda , Pariwisata , BGCE