Menteri Pertanian Targetkan Gowa Awali Capaian Swasembada Beras di Indonesia

| Senin, 14/10/2024 08:01 WIB
Menteri Pertanian Targetkan Gowa Awali Capaian Swasembada Beras di Indonesia Andi Amran Sulaiman (Menteri Pertanian RI). (Foto: tangkapan layar)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menargetkan Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), mampu mengawali capaian swasembada pangan komoditas beras pada tiga tahun ke depan. Menurutnya, Gowa memiliki faktor pendukung untuk mewujudkan target tersebut.

"Kami keliling Indonesia selama 11 bulan untuk memastikan pangan kita aman. Dan saya melihat dari Kabupaten Gowa paling lambat tiga tahun ke depan kita bisa swasembada, bahkan akan mendukung menjadi lumbung pangan dunia," kata Mentan dilansir dari antaranews, Senin, 14 Oktober 2024.

Lebih dari itu, menurut Mentan, Gowa memiliki luasan lahan yang sangat besar serta sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, seperti banyaknya generasi muda yang mau bertani dengan teknologi dan mekanisasi. 

"Gowa adalah kabupaten subur yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan produktivitas," ujarnya.

Sebagai langkah nyata, ungkap Mentan, pemerintah telah menyiapkan program cetak sawah dan juga klaster pertanian modern yang didukung dengan penyediaan benih unggul, pupuk, alsintan seperti traktor, combain harvester, drone, mesin pencacah hingga alat produksi lain yang sudah menggunakan digitalisasi.

"Langkah-langkahnya sudah jelas, di mana kita akan transformasi pertanian tradisional ke pertanian modern kita memulai dengan intensifikasi lalu mengerjakan ekstensifikasi dengan membangun cetak sawah," tukasnya. 

Lebih lanjut, Mentan juga telah mempersiapkan SDM unggul untuk memajukan pertanian. Ia menargetkan, upaya ini mampu menarik 50 ribu anak muda Indonesia untuk terjun langsung ke sektor pertanian. 

"Yang terpenting adalah dalam pertanian modern ini keterlibatan generasi muda yang jumlahnya banyak. minimal pendapatan mereka Rp10 juta per orang, dan targetnya adalah 50 ribu pemuda turun ke sawah," tuturnya.

Tags : Menteri Pertanian , Swasembada Beras , Gowa , Petani