Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Selesai, Perjalanan Jambi-Palembang Bisa 15 Menit

| Jum'at, 04/10/2024 17:46 WIB
Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Selesai, Perjalanan Jambi-Palembang Bisa 15 Menit Jalan tol Bayung Lencir-Tempino seksi 1. (Foto: katadata)

RADARBANGSA.COM - PT Waskita Karya (Persero) Tbk menyampaikan bahwa jalan tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 yang berada di provinsi jambi telah selesai dibangun. Setelah selesainya tol ini, waktu tempuh dari jambi ke Palembang bisa ditempuh selama 15 menit.

Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita mengatakan, jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 merupakan jalan tol pertama yang menghubungkan daerah Jambi ke Palembang, hingga Lampung. Proyek itu nantinya akan menambah panjang Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), sekaligus mengawali kelanjutan pembangunan JTTS Tahap II.

Proyek Strategis Nasional (PSN) senilai Rp 640 miliar ini dibangun dengan skema Kerja Sama Operasi (KSO) tiga perusahaan, Waskita Karya, Adhi karya dan Jaya Konstruksi. Total panjangnya mencapai 7,6 kilometer (km) dengan akses tol sepanjang 2,9 km.

"Dengan adanya jalan tol ini, jarak tempuh sepanjang 65 kilometer (km) dari Bayung Lencir ke Jambi yang semula dua jam, kini bisa ditempuh hanya dalam waktu 15 sampai 30 menit. Waktu tempuh yang lebih cepat tersebut diyakini akan meningkatkan ekonomi daerah kecamatan Bayung Lencir," ujar Ermy dalam keterangannya dikutip dari detik.com, Jumat, 4 Oktober 2024. 

Ia menambahkan, jalan tol Bayung Lencir-Tempino memiliki muliplier efek, seperti memudahkan aliran barang dan jasa sehingga mempercepat perputaran roda ekonomi di Jambi. Selain itu, lanjutnya, mobilitas warga Bayung Lencir ke Jambi dan sebaliknya semakin tinggi. 

"Dengan adanya pemerataan ekonomi ini, maka diharapkan dapat memberikan pengaruh besar pada sektor pariwisata dan lapangan pekerjaan. Apalagi transportasi Jambi-Palembang menjadi lebih singkat dari sebelumnya tujuh sampai delapan jam menjadi empat sampai lima jam saja," tukasnya.

Tags : Jalan Tol , Bayung Lencir , Tempino , Jambi , Palembang

Berita Terkait