Menparekraf Sebut MotoGP Mandalika Hasilkan Rp8 Triliun

| Senin, 30/09/2024 16:32 WIB
Menparekraf Sebut MotoGP Mandalika Hasilkan Rp8 Triliun Sandiaga Uno (Menparekraf RI). (Foto: Tangkapan Layar)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa penyelenggaraan ajang MotoGP di Kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), mendatangkan keuntungan bagi perekonomian nasional. Dua gelaran MotoGP yang berlangsung pada 28-29 September 2024 lalu memberi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi. 

Pemerintah, kata Sandi, melalui BUMN dan Dorna dan Injourney berkomitmen untuk melanjutkan gelaran MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika. Selain itu, dampak positif dari gelaran MotoGP adalah terbukanya lapangan pekerjaan yang mencapai angka 2000 pekerja. 

"Tahun sebelumnya kita total pendapatan mencapai sekitar Rp8 triliun lebih dan tahun lalu pertumbuhan ekonomi kita mencapai sekitar 1 persen berarti MotoGP ini merupakan event yang kayak dilanjutkan dari segi skala ekonomi," ujarnya.

Menparekraf Sandiaga turut hadir langsung melihat pelaksanaan balap motor bergengsi kelas dunia itu. Menurutnya, secara umum pelaksanaan berlangsung baik di tambah dengan kondisi fasilitas di sirkuit. 

"Secara umum alhamdulillah berlangsung lancar dan baik pembalap maupun pemilik Dorna menyatakan puas," tuturnya. 

Tags : Menparekraf RI , MotoGP , Mandalika , Ekonomi , Indonesia