Demo Karyawan Samsung Meluas Hingga Luar Korea

| Rabu, 11/09/2024 15:50 WIB
Demo Karyawan Samsung Meluas Hingga Luar Korea Samsung (Doc: Samsung)

RADARBANGSA.COM - Aksi unjuk rasa atau demo pekerja atau karyawan Samsung Electronics meluas hingga ke luar Korea Selatan. Kini, giliran ratusan pekerja di fasilitas produksi Samsung Electronics di wilayah selatan India memulai aksi unjuk rasa berupa mogok kerja hingga waktu yang tak ditentukan.

Melansir Reuters, para pekerja menuntut upah yang lebih tinggi, Selasa 10 September 2024. Pemimpin serikat pekerja Samsung di India, E Muthukumar mengatakan aksi yang berlangsung sejak Senin 9 September 2024 waktu setempat itu berdampak pada sebagian proses produksi.

Unjuk rasa ini menyusul demo besar-besaran serikat pekerja Samsung Electronics di Korea Selatan yang berlangsung selama 4 hari pada Agustus lalu. Adapun isu yang diutarakan juga sama, yakni soal kenaikan upah dan bonus.

Serikat pekerja di Korea Selatan mengatakan aksi unjuk rasa digelar setelah diskusi dengan pihak manajemen dan tak menemui titik tengah. Kembali ke India, Samsung memperkerjakan 2.000 karyawan di fasilitas Sriperumbudur yang terletak di kota Chennai. Para pekerja mayoritas memproduksi mesin cuci dan kulkas.

Sumber dalam mengatakan banyak pekerja yang enggan masuk sejak awal pekan ini. Alhasil, sekitar setengah produksi harian terbengkalai. Muthukumar mengatakan banyak pekerja yang mengenakan seragam perusahaan duduk di luar pabrik dan menuntut kenaikan upah, serta jam kerja yang lebih layak.

“Demo ini akan terus berlanjut,” kata dia, tanpa memberikan tenggat akhir.

Juru bicara Samsung India dalam email-nya mengatakan perusahaan terus berkomunikasi dengan para pekerja untuk “mengatasi berbagai keluhan mereka, sembari terus mematuhi hukum dan regulasi yang berlaku”. “Samsung akan memastikan tak ada gangguan bagi pelanggan kami,” ia menambahkan.

 

Tags : Samsung , Demo , Unjuk Rasa

Berita Terkait