Kemenkop UKM Siapkan Lima Fondasi untuk UMKM Bertransformasi

| Jum'at, 06/09/2024 18:35 WIB
Kemenkop UKM Siapkan Lima Fondasi untuk UMKM Bertransformasi Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki (Foto: Liputan6)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menyiapkan lima fondasi untuk para pelaku UMKM bertransformasi menjadi lebih bernilai tambah dan produktivitas tinggi.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki saat menghadiri puncak Hari UMKM Nasional 2024, di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (5/9), mengatakan bahwa rancangan pengembangan UMKM ke depan adalah transformasi ekonomi melalui peningkatan produktivitas. 

Menurutnya, para pelaku UMKM didorong untuk melakukan konsolidasi dalam wadah koperasi, sehingga tercapai skala ekonomi serta menerapkan teknologi dan inovasi dalam menjalankan usahanya.

Oleh sebab itu, pihaknya menyiapkan lima fondasi menuju transformasi UMKM yang lebih bernilai tambah dan produktivitas tinggi. Pertama, peningkatan rasio kewirausahaan nasional secara terencana melalui inisiasi EntrepeneurHub.

"Kedua, penguatan skala usaha mikro-kecil melalui korporatisasi petani dan nelayan berbasis koperasi, contohnya minyak makan merah per 1.000 hektare lahan perkebunan sawit rakyat dan program SOLUSI (Solar Untuk Koperasi Nelayan)," kata Teten dilansir dari antaranews, Jumat, 6 September 2024. 

Ketiga, penguatan inovasi dan teknologi dalam skema rantai pasok industri melalui rumah produksi bersama (RPB) yang dikelola oleh koperasi. Keempat, adalah meningkatkan kualitas dan daya-saing produk usaha mikro-kecil melalui layanan rumah kemasan.

"Kelima novasi pembiayaan melalui KUR Kluster, credit scoring, dan pembiayaan koperasi sektor ril melalui LPDB-KUMKM," ujarnya.

Tags : Kemenkop UKM , Fondasi , Kewirausahaan , UMKM , Transformasi