Kurs Rupiah Bergerak Melemah Siang Ini

| Selasa, 16/07/2024 11:06 WIB
Kurs Rupiah Bergerak Melemah Siang Ini Mata Uang Rupiah (Doc: Pexels)

RADARBANGSA.COM - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa siang, melemah 37 poin atau 0,23 persen menjadi Rp16.207 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp16.170 per dolar AS.

Pengamat pasar keuangan, Ariston Tjendra, mengatakan bahwa perhatian pelaku pasar bisa kembali ke proyeksi pemangkasan suku bunga AS tahun ini. "Semalam Gubernur Jerome Powell kembali mengatakan bahwa the Fed tidak akan menunggu inflasi AS untuk turun ke 2% untuk memangkas suku bunga acuannya," kata Ariston dalam keterangan tertulis pagi ini.

Pelaku pasar mempersepsikan the Fed bakal memangkas suku bunganya di tahun ini. Ini bisa mendorong pelemahan dolar AS terhadap nilai tukar lainnya termasuk rupiah hari ini. 

"Apalagi data indeks manufaktur di wilayah New York AS bulan Juli menunjukkan kontraksi atau pelambatan yang lebih dalam dari bulan sebelumnya," ujar Ariston.

Dari dalam negeri, hasil neraca perdagangan RI bulan Juni 2024 yang masih surplus bisa membantu meningkatkan keyakinan pasar terhadap rupiah. 

Tags : Kurs , Rupiah , Dolar

Berita Terkait