Luhut Prediksi Penerimaan Pajak Tak Capai Target

| Kamis, 11/07/2024 15:21 WIB
Luhut Prediksi Penerimaan Pajak Tak Capai Target Ilustrasi pelaporan pajak (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memprediksi pendapatan negara di tahun 2024 tidak mencapai target. 

Hal ini terjadi lantaran merosotnya setoran PPh badan dari perusahaan-perusahaan berbasis komoditas, yang terkena dampak penurunan harga komoditas secara tajam.

"Saya melihat lesu nya penerimaan negara disebabkan karena inefisiensi di berbagai sektor," tutur Luhut dalam postingan video yang diunggah di akun instagram @luhut.pandjaitan, Kamis 11 Juli 2024..

Luhut mengatakan hal itu sudah mulai ditanggulangi secara bertahap melalui digitalisasi yang telah diterapkan dalam kegiatan pemerintahan dan bisnis.

"Jika semua sektor pemerintahan sudah menerapkan digitalisasi, maka efisiensi bisa diciptakan, celah untuk berkorupsi bisa berkurang, dan yang paling penting penerimaan negara bisa kembali meningkat," sambung Luhut.

Luhut mencotohkan Simbara sebagai sistem terintegrasi mampu menekan selisih angka terkait data mineral di antaranya batubara, nikel, dan lain-lain.

"Dengan semakin kecilnya selisih perbedaan tersebut, tentu akan menekan pula potensi kerugian negara," imbuh Luhut,

Saat ini sistem semacam Simbara juga diterapkan di sektor kelapa sawit. "Dari data yang saya terima, ada banyak perusahaan kelapa sawit yang belum memiliki NPWP, hal ini menyebabkan kita tidak bisa menagih PPh badan. Jika sistem ini sudah bisa di implementasikan, maka penerimaan pajak bisa ditingkatkan," tandas Luhut.

Tags : luhut , pajak , apbn

Berita Terkait