Menparekraf Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif di Padang Pariaman Melalui Kelana Nusantara

| Rabu, 10/07/2024 21:01 WIB
Menparekraf Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif di Padang Pariaman Melalui Kelana Nusantara Sandiaga Salahuddin Uno (Menparekraf RI). (Foto: twitter @Kemenparekraf)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mendorong pengembangan ekonomi kreatif di Padang Pariaman dengan menghadirkan Kelana Nusantara sebagai ajang serap aspirasi dari para pelaku ekonomi kreatif. Ia juga memuji Padang Pariaman yang memiliki potensi ekonomi kreatif yang luar biasa. 

"Untuk itu kami terus berupaya memperkuat ekosistem ekonomi kreatifnya melalui Kelana Nusantara. Apalagi daerah ini baru mengalami bencana karena terputusnya jalur yang menuju Padang Panjang, sehingga ekosistem ekonomi kreatif juga pariwisatanya perlu diperkuat dan dikembangkan," kata Sandi dalam kunjungan kerja ke Padang Pariaman, mengutip siaran pers Kemenparekraf, Rabu, 10 Juli 2024.

Melalui forum ini diharapkan ada wadah untuk menampung aspirasi dari masyarakat di akar rumput atau dikenal dengan istilah bottom up untuk nantinya dijadikan bahan masukan dan evaluasi dalam pembangunan parekraf ke depan. 

Kabupaten Padang Pariaman sebelumnya telah melakukan Uji Petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) pada tahun 2018 dengan menetapkan kuliner sebagai subsektor unggulan. 

Program Kelana Nusantara yang dihadirkan Kemenparekraf diharapkan dapat semakin memperkuat kolaborasi di antara pelaku ekonomi kreatif di Padang Pariaman dalam mengembangkan subsektor kuliner. 

"Banyak juga permintaan dukungan permodalan dari para pelaku ekonomi kreatif. Kami akan fasilitasi dengan dukungan model-model tidak hanya dari perbankan syariah tapi juga pola-pola lain," tuturnya.

Tags : Menparekraf , Kelana Nusantara , Padang Pariaman , Ekonomi Kreatif