BAKN DPR RI Nilai Potensi PNBP Belum Tergali dan Termanfaatkan Maksimal

| Senin, 01/07/2024 20:42 WIB
BAKN DPR RI Nilai Potensi PNBP Belum Tergali dan Termanfaatkan Maksimal PNBP (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI Hendrawan Supratikno menilai potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) masih belum tergali dan termanfaatkan dengan maksimal.

“Untuk negara dengan sumber daya alam yang besar seperti Indonesia, PNBP biasanya itu 35-45 persen dari pendapatan negara. Tetapi di Indonesia kan baru antara 20-25 persen," kata Hendrawan dilansir dprgoid, Senin, 1 Juli 2024.

Hendrawan berharap Pemerintah dapat mengoptimalkan dan meningkatkan PNBP di tahun yang akan datang. Menurutnya, ada potensi kurang lebih 10-15 persen PNBP lagi yang masih bisa dioptimalkan.

"Jadi intinya kita semua berharap PNBP ini di masa-masa mendatang bisa ditingkatkan. Nah, persoalannya adalah bagaimana pengelolaan yang baik agar penerimaan bukan pajak ini dari waktu ke waktu bisa dioptimalkan," imbuh Hendrawan.

Untuk mengoptimalkan hal ini, lHendrawan menilai ada beberapa hal yang bisa dilakukan, satu diantaranya yakni merevisi UU, "Apakah undang-undangnya yang diperbaiki, sanksi yang lebih jelas dan tegas, terus kemudian apakah secara struktural lembaga yang mengelola PNBP ini eselonnya ditingkatkan, karena kan selama ini baru level direksi, belum dirjen," tukasnya.

Tags : BAKN DPR RI

Berita Terkait