Kota Tangerang Jadi Incaran Investor Asing

| Senin, 01/07/2024 16:52 WIB
Kota Tangerang Jadi Incaran Investor Asing Investasi di Kota Tangerang (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kota Tangerang menjadi salah satu kota paling diincar bagi investor asing dengan mengalahkan kota-kota besar lainnya, seperti Bandung, Bekasi, Semarang, hingga Surabaya pada sepanjang tahun 2023.

“Capaian ini tidak terlepas dari kolaborasi antara semua lapisan yang telah bersama-sama menciptakan iklim investasi yang kondusif dan berdaya saing,” kata Asisten Daerah bidang Ekonomi dan Pembangungan, Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono dalam keterangan tertulisnya, Senin, 1 Juli 2024.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang diriis Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), di Kota Tangerang berhasil merealisasikan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar USD 474 juta atau sekitar Rp7,7 triliun.

“Investasi di Kota Tangerang juga telah merambah ke banyak sektor strategis, mulai dari industri, perdagangan, properti dan semua jasa yang berkontribusi penting untuk pertumbuan ekonomi di Kota Tangerang,” tambah Ruta Ireng Wicaksono.

Menurut Ruta Ireng Wicaksono, Kota Tangerang juga semakin menunjukkan capaian tren positif pada triwulan pertama tahun 2024. Berdasarkan data terbaru Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), Kota Tangerang berhasil merealisasikan investasi sebesar Rp4,72 triliun atau sebesar 32,87 persen (PMDN), serta Rp2,9 triliun atau sebesar 63 persen (PMA) dari target total sebesar Rp14,36 triliun.

“Capaian tadi juga menunjukkan Kota Tangerang masih memiliki daya tarik yang luar biasa bagi banyak investor. Bahkan, khusus investor asing, jumlahnya hampir mencapai 50 persen dari total realisasi investasi pada tahun kemarin,” tukasnya.

Tags : Kota Tangerang , Investasi , BPKPM