Wapres RI Yakin Nilai Tukar Rupiah Kembali Menguat

| Senin, 24/06/2024 22:08 WIB
Wapres RI Yakin Nilai Tukar Rupiah Kembali Menguat Mata uang rupiah dan Mata uang Dolar AS (Doc: Market Bisnis)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Maruf Amin meyakini nilai tukar rupiah terhadap dolar AS bakal kembali menguat. Hal itu dinyatakan Wapres karena melihat upaya intervensi yang dilakukan pemerintah dan Bank Indonesia (BI).

"Intervensi terus dilakukan oleh Bank Indonesia, pemerintah, dan kita berharap kita akan bisa mengembalikan kepada nilai yang normal yang seharusnya kita harapkan. Itu saya kira langkah-langkah terus, rakor terus dilakukan," kata Wapres dilansir dari antaranews, Senin, 24 Juni 2024. 

Wapres mengungkapkan bahwa pelemahan rupiah disebabkan oleh pengaruh global yang juga berdampak pada mata uang negara lainnya. "Kita memang menghadapi situasi global yang tentu tidak hanya dialami oleh Indonesia, tetapi semua mata uang di dunia ini bahkan euro pun juga mengalami penurunan," ujar Wapres.

Kendati demikian, ia menyatakan pemerintah akan terus berupaya menekan agar nilai tukar rupiah kembali menguat.

"Tadi kita sudah rapat juga dalam rangka APBN kita untuk mengevaluasi hal-hal walaupun begitu kita masih cukup baik, ekonomi kita cukup baik. Memang ada nilai tukar rupiah ini karena ada pengaruh global, pengaruh penguatan dolar (AS) karena kebijakan-kebijakan yang diambil oleh Amerika Serikat sehingga dolar (AS) itu nilainya tinggi tetapi kita juga terus berusaha untuk menekan," ungkapnya. 

Tags : Wapres RI , Rupiah , Dolar AS , Bank Indonesia