Kredit Perbankan Tumbuh 12,15 Persen Sepanjang Mei

| Jum'at, 21/06/2024 11:59 WIB
Kredit Perbankan Tumbuh 12,15 Persen Sepanjang Mei Karyawan Bank Tunjukkan Uang Pecahan Rupiah Rp50.000 dan Rp100.000 (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan kredit perbankan sepanjang Mei mencatatkan pertumbuhan 12,15% (year-on-year).

"Capaian tersebut didorong pertumbuhan kredit di sebagian besar sektor ekonomi, terutama perdagangan, industri, dan jasa dunia usaha," kata Perry dalam konferensi pers usai Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan ini, Kamis 20 Juni 2024.

Dari sisi penawaran, kata dia, minat penyaluran kredit terjaga, didukung peningkatan dana pihak ketiga (DPK) menjadi 8,63% (y-o-y), dan berlanjutnya strategi realokasi alat likuid ke kredit oleh perbankan serta dukungan likuiditas seiring dengan penerapan Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial (KLM) yang dilakukan BI.

Dari sisi permintaan, pertumbuhan kredit dipengaruhi kinerja korporasi dan rumah tangga yang baik. Pertumbuhan penjualan dan belanja modal korporasi tetap positif sehingga mendorong kebutuhan pembiayaan modal kerja dan investasi.

"Konsumsi rumah tangga tetap kuat, terutama dari kelas menengah dan atas, seiring dengan ekspektasi penghasilan yang meningkat," ujar Perry.

 

Tags : Kredit , perbankan