BI Kembali Tahan Suku Bunga Acuan di Level 6,25 Persen

| Jum'at, 21/06/2024 10:21 WIB
BI Kembali Tahan Suku Bunga Acuan di Level 6,25 Persen Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) yang digelar 19-20 Juni 2024 kembali mempertahankan tingkat suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRRR) di level 6,25 persen. Suku bunga deposit facility juga tetap ditahan di level 5,50 persen dan suku bunga lending facility tetap di level 7 persen.

"Keputusan ini konsisten dengan kebijakan moneter pro stability sebagai langkah preemtif dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam sasaran 2,5 plus minus 1 persen pada tahun 2024-2025," kata Perry dalam konferensi pers secara virtual, Kamis 20 Juni 2024.

Sementara itu kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran tetap pro growthuntuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Kebijakan makroprudensial tetap longgar akan terus dilanjutkan untuk mendukung peningkatan kredit oleh perbankan kepada dunia usaha dan rumah tangga.

"Kebijakan ini didukung dengan penguatan operasi moneter untuk perkuat efektivitas stabilisasi nilai tukar rupiah dan aliran modal asing," ulasnya. 

Kebijakan sistem pembayaran diarahkan untuk memperkuat keandalan infrastruktur dan struktur industri sistem pembayaran serta memperluas akseptasi digitalisasi sistem pembayaran.

Tags : Suku Bunga , BI Rate

Berita Terkait