Bulog Segera Impor 3,6 Juta Ton Beras, ini Alasannya!

| Rabu, 12/06/2024 20:47 WIB
Bulog Segera Impor 3,6 Juta Ton Beras, ini Alasannya! Beras Bulog. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Bulog akan kembali melakukan impor beras dalam waktu dekat. Tak tanggung-tanggung saat ini Bulog mengantongi izin impor beras hingga 3,6 juta ton. 

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengungkap, pihaknya telah merealisasikan kegiatan importasi sebesar 2 juta ton melalui 26 pelabuhan di seluruh Indonesia dan dengan mengutamakan pelabuhan di daerah non sentra produksi. Ke depan, impor akan kembali dilakukan untuk menjaga stok pangan nasional.

“Pelabuhan Tanjung Priok, sebagai pelabuhan utama dan terbesar di Indonesia, juga menjadi salah satu pelabuhan masuknya beras impor. Dari awal tahun hingga Bulan Mei 2024 terdapat puluhan kapal yang sudah berhasil dibongkar di Pelabuhan Tanjung Priok dengan total kurang lebih sebanyak 490.000 ton beras," ujar Bayu dalam keterangan resminya, Rabu, 12 Juni 2024. 

“Sampai dengan saat ini pembongkaran berjalan dengan lancar, meskipun pada bulan Januari hingga Maret memang ada proses bongkar kapal yang berjalan cukup lama karena curah hujan masih tinggi, namun proses pembongkaran telah diselesaikan," tambahnya.

Bayu mengungkap, saat ini Bulog telah memiliki stok dengan volume yang ideal yakni sebanyak 1,8 juta ton. Ia menjelaskan bahwa selain mengimpor beras sesuai dengan permintaan Pemerintah, pihaknya juga telah menyerap produk petani dalam negeri sebanyak hampir 700 ribu ton hingga pertengahan Juni ini. 

Sementara itu, Bulog siap mendorong peningkatan kolaborasi di sektor pangan khususnya beras dengan negara Kamboja sesuai dengan arahan Pemerintah.

Hal ini menanggapi pernyataan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan terkait Bulog yang akan melakukan investasi pada perusahaan beras di Kamboja. “Pada dasarnya kami siap melaksanakan penugasan tersebut," tukasnya.

Tags : Bulog , Impor , Beras , Pangan , Indonesia