Rupiah Siang Hari Tumbang 60 Poin

| Rabu, 05/06/2024 13:52 WIB
Rupiah Siang Hari Tumbang 60 Poin Mata uang rupiah dan Mata uang Dolar AS (Doc: Market Bisnis)

RADARBANGSA.COM - Nilai tukar (kurs) rupiah pada pembukaan perdagangan hari ini kembali mengalami pelemahan, setelah sempat menguat dalam beberapa hari terakhir.

Mengutip data Bloomberg, Rabu, 5 Juni 2024, rupiah hingga pukul 13.35 WIB berada di level Rp16.280 per USD. Mata uang Garuda tersebut turun 60,5 poin atau setara 0,37 persen dari Rp16.220 per USD pada penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Bank Indonesia (BI) mengejutkan banyak pihak dengan menaikan suku bunga acuan di April menjadi sebesar 6,25 persen untuk mengatasi pelemahan rupiah dan inflasi yang kembali sedikit mengalami kenaikan.
 
Saat ini juga muncul ketidakpastian Bank Indonesia akan kembali menaikan suku bunga, kalau rupiah terus melemah. Oleh karena itu, BI menunda waktu untuk pemangkasan suku bunga pertama untuk BI-Rate dan kemungkinan di kuartal keempat 2024 baru akan menurunkan suku bunga.
 
"BI sepertinya bakal tetap berhati-hati untuk memangkas bunga, dan memilih untuk menunggu langkah dari bank sentral Amerika Serikat (AS) alias The Fed. Sedangkan pemangkasan suku kembang di AS bakal terjadi di September 2024," tutur Analis pasar uang Ibrahim Assuaibi.
 

Tags : rupiah , dolar ,

Berita Terkait