Piala AFF U-19 2024: Tundukkan Kamboja, Indra Sjafri Sebut Kesabaran Kunci Kemenangan

| Minggu, 21/07/2024 17:01 WIB
Piala AFF U-19 2024: Tundukkan Kamboja, Indra Sjafri Sebut Kesabaran Kunci Kemenangan Pemain timnas Indonesia U-19 merayakan gol ke gawang Filipina di fase grup A Piala AFF 2024, Rabu (17/7). (Foto: twitter @majo_lahraga)

RADARBANGSA.COM - Pelatih tim nasional (Timnas) Indonesia U-19 mengatakan bahwa kesabaran menjadi kunci kemenangan anak asuhnya merebut kemenangan atas Kamboja di laga fase grup A Piala AFF U-19 2024. Tim 'Garuda Muda' sukses membukukan kemenangan 2-0 atas Kamboja, Sabtu (20/7) malam di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. 

Indra mengatakan pada babak pertama timnya kesulitan membongkar pertahanan Kamboja yang menggunakan formasi lima bek.

Pada babak kedua, ia lalu memasukkan beberapa pemain, salah satunya Muhammad Kafiatur yang turut membantu tim asuhannya bermain dengan sabar dan melancarkan sirkulasi bola dengan cepat yang kemudian membuka pertahanan kompak Kamboja.

Puncaknya, Indonesia mampu mencetak dua gol melalui Kadek Arel pada menit ke-71 dan Iqbal Gwijannge pada menit ke-86 yang memanfaatkan umpan sepak pojok Kafiatur.

"Saya mengapresiasi semua pemain. Mereka sudah berusaha untuk bisa memenangkan pertandingan. Walaupun sulit yang kita hadapi karena mereka bermain dengan compact defending, jadi butuh kesabaran, sirkulasi bola yang cepat," ujarnya dilansir dari antaranews, Minggu, 21 Juli 2024. 

"Babak pertama banyak salah pasing. Kita coba memanfaatkan lebar lapangan, tapi mereka bisa antisipasi. Akhirnya di babak kedua kita rubah," tambahnya. 

Kemenangan ini membuat Indonesia meraih enam poin dan kini memuncaki klasemen sementara Grup A, unggul tiga poin dari Timor Leste dan Filipina yang sama-sama mengoleksi tiga poin.

Dengan terbukanya peluang Indonesia lolos ke semifinal sebagai juara grup, Indra mengatakan akan melakukan rotasi pada laga terakhir melawan Timor Leste.

"Yang pasti chance kita untuk lolos grup sudah sangat terbuka dan kita akan berpikir nanti di babak selanjutnya. Kedua, pasti kita akan rotasi pada laga terakhir nanti lawan Timor Leste," tuturnya.

Tags : Piala AFF 2024 , Timnas Indonesia , Indra Sjafri

Berita Terkait