EURO 2024 Usai, Gareth Southgate Mundur Jadi Pelatih Timnas Inggris

| Selasa, 16/07/2024 19:01 WIB
EURO 2024 Usai, Gareth Southgate Mundur Jadi Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate (Pelatih Timnas Inggris). (Foto: BBC)

RADARBANGSA.COM - Gareth Southgate resmi mengundurkan diri sebagai pelatih tim nasional (Timnas) Inggris. Kabar tersebut diumumkan oleh federasi Sepakbola Inggris (FA) pada Selasa, 16 Juli 2024. 

Selain Southgate, Steve Holland yang merupakan asisten pelatih juga turut meninggalkan Timnas Inggris. Hal itu dikonfirmasi oleh Ketua Federasi Sepak Bola Inggris (FA), Mark Bullingham. 

"Atas nama sepak bola Inggris, saya ingin memberikan penghormatan kepada Gareth Southgate dan Steve Holland atas semua yang telah mereka capai," kata Bullingham dalam situs resmi FA. 

Kabar tersebut terbilang mengejutkan karena sang pelatih dinilai cukup sukses menangani Harry Kane dkk. Ia berhasil membawa Inggris tampil di babak final EURO dua edisi terakhir, 2020 dan 2024.

Bullingham pun turut bangga dengan pencapaian Southgate selama menangani Timnas Inggris. Ia mengakui kinerja pelatih berusia 53 tahun itu benar-benar ciamik selama menukangi anak asuhnya.

"Gareth telah membuat pekerjaan yang mustahil menjadi mungkin dan meletakkan dasar yang kuat untuk kesuksesan di masa depan," ujar Bullingham.

"Dia sangat dihormati oleh para pemain, tim di ruang belakang, oleh semua orang di FA dan di seluruh dunia sepakbola," tambahnya. 

Ia mengaku cukup bangga dengan pencapaian mantan pemain timnas Inggris itu. "Kami sangat bangga dengan segala pencapaian Gareth dan Steve untuk Inggris, dan akan selamanya berterima kasih kepada mereka," tandas Bullingham.

Tags : Timnas Inggris , Gareth Southgate , Pelatih , Mundur , EURO